Selasa, 25 September 2007

Pesawat Terbang dengan Bentuk Sayap

Cita-cita membuat pesawat terbang dengan keamanan tinggi dan efisien. Pada dunia penerbangan komersial dibutuhkan pesawat terbang yang efisen dan nyaman. Untuk kebutuhan militer dibutuhkan pesawat tempur yang bisa bermonuver sulit, tidak terdeteksi radar dan mempunyai daya jelajah yang jauh.


kontrol pesawat terbang pertama kali di buat oleh Wright bersudara pada tahun 1903. Setelah sekitar 44 tahun kemudian, swept-wing boeing B-47 terbang. 44 tahun kemudian Airbus A330 mengudara. Perbandingan dari jenis pesawat terbang ini dapat di lihat pada Gbr .01 . Gambaran evolusi bentuk pesawat terbang dalam satu abad terakhir ini fokus pada efisienssi konfigurasi pesawat terbang. ini menunjukkan rancang bangun yang luar biasa, khususnya pada 44 tahun pertama. Jenis B-47 dan A330 mempunyai desain pokok yang sama, pesawat pengangkut dengan kecepatan dibawah kecepatan suara, dengan sayap diberi pendorong mesin. Pada 44 tahun kedua tidak terjadi perubahan yang signifikan, hanya membuat lebih efisien. Yang telah diaplikasikan pada Airbus A380 (Gbr. 02) dan ultra long range Boing 787 (Gbr. 03).




Pesawat terbang dengan bentuk sayap sayap dengan sedikit ekor telah dikenal sejak dimulainya dunia penerbangan. Karena sayap sangat penting bagi semua pesawat terbang, membuang semuanya kecuali sayap, seperti ekor dan badan pesawat., dihasilkan sebuah desain yang paling sesuai. Sukses di aplikasikan pada XB-35 bomber (Gbr. 04) terbang pertama pada tahun 1946, dan stealthy B-2 bomber (Gbr. 05) terbang pertama kali tahun 1989.
Pesawat terbang dengan bentuk sayap (Gbr. 06) adalah suatu konsep baru pesawat terbang yang potensial untuk kebutuhan komersial atau militer untuk transportasi udara, pengiriman barang, atau untuk pesawat tenker.




sumber : www.aoe.vt.edu/research/groups/bwb/papers/TheBWBAircraft.pdf



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Wordpress dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Sains/Pesawat_Terbang_dengan_Bentuk_Sayap/

mp3musikhit mengatakan...

klo cita2 waktu kecil sy ingin jd pilot....tp ga kesampaian....krna kebanyakan main game jd hrus pake kaca mata....wakakakak...

Download Streaming Videos From Myspace, YouTube, MetaCafe, DailyMotion, Blip.tv, Ifilm & Google Video. by youtubedownloader.org

as *.flv.
Please do not use our service to download illegal or porno materials - Download free FLV player

Click here to get your free mobile phone or apple ipod